Background Color:
 
Background Pattern:
Reset
Search
News

Pelatihan Penanggulangan Risiko Bencana bagi Remaja di Kelurahan Lebak Bulus dan Cilandak Barat

Pelatihan Penanggulangan Risiko Bencana bagi Remaja di Kelurahan Lebak Bulus dan Cilandak Barat

Kota Jakarta adalah ibu kota Republik Indonesia. Selain itu menjadi pusat ekonomi, jasa dan juga industri. Berdasarkan data BPBD DKI Jakarta, ada 9 potensi bahaya, yaitu banjir, kebakaran, gempa bumi, puting beliung, konflik antar kelompok, wabah penyakit, pencemaran lingkungan, kemacetan, serta teror dan ledakan bom[1]. Frekuensi kebakaran sangat tinggi, pada tahun 2015 Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta mencatat ada 1.414 kejadian dengan kerugian mencapai  Rp 269.802.150.000,- Sementara banjir hampir terjadi setiap tahun, khususnya pemukiman yang berada di sekitar sungai.

Remaja-remaja yang berada di Kelurahan Lebak Bulus dan Cilandak Barat selama ini didampingi oleh Panti Nugraha, sebuah lembaga sosial yang bermitra dengan ChildFund memiliki kepedulian bersama dalam mengurangi risiko bencana. Kedua daerah tersebut mempunyai potensi terjadinya bencana  banjir dan kebakaran di wilayah dampingan. Hal ini mendorong Panti Nugraha untuk melakukan pelatihan Pengurangan Risiko Bencana dalam rangka menyiapkan masyarakat terutama kaum muda dan jejaring dalam menghadapi ancaman dan potensi bencana sekaligus sebagai manifestasi visi dan misi yang telah ditetapkan oleh lembaga.

Panti Nugraha bekerja sama dengan Humanitarian Forum Indonesia melakukan pelatihan Pengurangan Risiko Bencana pada hari Sabtu-Senin, 6-8 Februari 2016 bertempat di Vila Lembur Pancawati, Cikretek, Bogor. Kegiatan ini diikuti oleh 45 peserta, dimana 38 orang diantaranya adalah 18 remaja putri dan 20 remaja putra, disamping ada warga pendamping, staf Panti Nugraha, dan HFI. Selain fasilitator/narasumber, pelatihan juga menghadirkan narasumber Bapak Danang Susanto selaku Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Kota Jakarta Selatan dan Bapak Ivan Tagor dari ChildFund Indonesia. Seluruh proses difasilitasi oleh Bapak Andy Wahyu Widayat dari Save the Children Indonesia.

Dalam pelatihan ini, para remaja mendapatkan materi mengenai pengantar Pengurangan Risiko Bencana, Adaptasi Perubahan Iklim, sistem penanggulangan bencana di DKI Jakarta, pondok ceria. Selain pemberian materi, para remaja juga dilibatkan secara aktif untuk melakukan identifikasi dan pemetaan bahaya, kapasitas, dan kerentanan dengan menggunakan tools seperti sejarah kejadian bencana, kalender ancaman, scoring ancaman, hubungan dan pengaruh aktor; kajian risiko dengan membuat peta risiko dan evakuasi bencana masing-masing RW dengan memperhatikan syarat-syarat dasar sebuah peta, pembuatan rencana-rencana aksi terkait adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, dan rencana-rencana tindak lanjut setelah mengikuti pelatihan. Untuk mengukur apakah pemahaman mereka meningkat setelah diberikan materi, dilakukan pre-test dan post-test dengan soal dan durasi waktu yang sama. Hasil menunjukkan adanya kenaikan pemahaman.

Di hari terakhir, remaja-remaja tersebut melakukan simulasi bencana. Banjir yang dipilih karena berdasarkan kajian risiko yang dilakukan hari sebelumnya, banjir merupakan ancaman dengan dampak terbesar yang dialami oleh kelurahan Lebak Bulus dan Cilandak Barat. Para remaja dibagi menjadi tim penolong (tim evakuasi, tim kesehatan, tim psikososial) dan korban (luka ringan, luka retak, meninggal, cemas).

Dari keseluruhan pelatihan, ada beberapa rekomendasi yang sekiranya perlu ditindaklanjuti seperti melibatkan mereka ke dalam struktur Tim Tanggap Darurat Kelurahan yang selama ini sudah dimiliki oleh Lebak Bulus dan Cilandak Barat, dan penting untuk menindaklanjuti pelatihan ini dengan pelatihan yang lebih fokus seperti psikososial, promosi kesehatan, dll.

 


 

Tag:

Related Images

  • Pelatihan Penanggulangan Risiko Bencana bagi Remaja di Kelurahan Lebak Bulus dan Cilandak Barat
  • Pelatihan Penanggulangan Risiko Bencana bagi Remaja di Kelurahan Lebak Bulus dan Cilandak Barat
  • Pelatihan Penanggulangan Risiko Bencana bagi Remaja di Kelurahan Lebak Bulus dan Cilandak Barat
  • Pelatihan Penanggulangan Risiko Bencana bagi Remaja di Kelurahan Lebak Bulus dan Cilandak Barat

Post Rating

Comments

There are currently no comments, be the first to post one!

Post Comment

Name (required)

Email (required)

Website

CAPTCHA image
Enter the code shown above: